Morgan 4/4 Fenomena Legenda Mobil Klasik Nan Mewah

Bagi penggemar mobil klasik atau antik tentunya cukup familiar dengan nama Morgan 4/4.

(Foto: Istimewa)

Yup, Morgan 4/4 adalah mobil Inggris produksi terlama di dunia yang dibuat oleh Morgan Motor Company dari tahun 1936 hingga 2018. Ini adalah mobil pertama Morgan dengan empat roda, empat kursi penuh, dengan tirai snap-on di bagian atas dan samping, tetapi ruang bagasinya sempit. Dan nama Morgan 4/4 menunjukkan bahwa model tersebut memiliki empat roda  dengan  empat silinder (sebelumnya Morgans memiliki tiga roda, dan biasanya menggunakan mesin V-twin).

Jika mobil sport seperti Porche Boxster atau Audi TT membuat Anda bisa melayang ketika mengendarainya, kemungkinan besar Anda tidak akan terkesan dengan keajaiban coachbuilt dari Malvern ini, tetapi tunggu dulu. Jangan terlalu cepat mengabaikannya. Di atas kertas Morgan 4/4 seperti tidak menawarkan banyak hal. Ini kesan paling mendasar apalagi kecepatannya kurang menggairahkan. Kecepatan tertinggi hanya 115mph dengan hitungan waktu 0-62mph dalam delapan detik, yang seolah bisa diadu kecepatannya dengan pejalan kaki. Tetapi sebagaimana yang diharapkan pembuatnya, Morgan 4/4 memiliki lebih dari sekadar angka mentah. Terbukti pada ulang tahunnya ke 80 di tahun 2016, serie 4/4 ini terjual habis hingga 40.000 poundsterling. Dan banyaknya klub pemilik mobil antik ini yang terus berkembang pesat merupakan fakta tak terbantahkan. Karena tentu saja tidak semua orang ingin menghabiskan akhir pekannya dengan melumasi trunnion atau menyetel karburator, yang menjadi salah satu alasan mengapa mobil klasik modern  menjadi sebuah fenomena.

Bagaimana tidak. Meski dibilang klasik dan terlihat kuno namun dilengkapi perlengkapan melaju yang modern, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan atau kehujanan saat berkendara apalagi sampai harus membutuhkan otot betis seorang atlet Olimpiade untuk menginjak koplingnya. Sebab Morgan 4/4 menggunakan pegas daun di bagian belakang dan suspensi pilar geser di bagian depan, sehingga handlingnya tidak bisa dibilang setajam pisau bedah. Namun ketika dikendarai terasa mantap berkat kerja suspensi yang terbatas, sementara kursi berpemanas sangat sportif dan berfungsi lebih baik dalam meredam benturan dibandingkan peredam. Meskipun kursi tersebut lumayan sempit karena lebar kokpit yang terbatas, dan tidak adanya ruang cukup bagi orang bertubuh gemuk.

(Foto: Istimewa)

Dan tentu saja selain kelebihannya menjadikan Morgan 4/4 prospek menggiurkan, dengan tampilan dinamis yang merupakan perpaduan antara kemewahan, brilian dan antik. Kabinnya dilapisi kulit dan sejumlah detail perlengkapan seperti model kaca spion pasca perang, layar samping, dan pelat jam berwarna putih yang tersebar di seluruh fasia. Namun minimnya alat keselamatan bagi pengemudi, seperti tidak adanya rem anti-lock, airbag atau ESP, menjadi faktor kekurangan dari mobil klasik semewah Morgan 4/4. Satu-satunya konsensi untuk keselamatan adalah sepasang sabuk pengaman. Ini mungkin sedikit melegakan. (Tims)